Minggu, 11 April 2010

teks wawancara terstruktur

Laporan wawancara
Judul : rokok mengandung HB ( hemoglobin ) babi.
Tujuan : mengetahui hukum merokok.
Pelaksanaan :
Hari :
Tanggal :
Waktu :
Tempat :
Pewawancara : X
Narasumber : Mr. R
Hasil :
Saya : ” Assalamualikum Wr. Wb”
Pak Ustyadz : ”Waalikiumsalam Wr. Wb”
Saya : ”Maaf Pak mengganggu sebentar boleh?”
Pak Ustadz : ”Boleh silahkan, memang ada yang bias saya Bantu?”
Saya : ”Begini pak, saya akan mengajukan beberapa pertanyaan !”
Pak Ustadz : ”Silahkan saja !, memangnya ade mau bertanya tentag apa?”
Saya : ”saya ingin bertanya prihal isu yang merebak saat ini, tentang filter rokok yang mengandung hemoglobin babi ( HB Babi ).”
Saya : ”apakah pendapat bapak tentang isu tersebut, Dan bagaimana hukumnya?”
Bapak Ustadz : ”sebenarnya roko pada awal hukumnya ada yang makruh, membolehkan, dan ada pula yang ,mengharamkan. akan tetapi setelah ada isu bahwa ada filter rokok yang mengandung bagian babi menguatkan bahwa rokok tersebut haram, akan tetapi prihal tersebut masih dalam tahap kajian para ulama karena mungkin masih dalam tahap penelitian roko masihbelumdikatakan haram.”
Saya : ”Menurut Bapak apakah rokok sendiri itu haram?”
Bapak ustadz : ”menuru Bapak, pada awalnya rokok itu makruh, yang berdefinisi bila dikerjakan tidak apa-apa, dan bila ditinggalkan akan mendapat pahala.”
Saya :”Apakah islam mengatur tentang huklum rokok?”
Bapak ustadz : ”Pada awalnya di jaman Rosullullah rokok sendiri itu belum ada, dan para ulama sekarang berpedoman pada pendirian karena saat jaman rosullullah belum diperbincangkan bahwa rokok sendiri haramkan, dibolehkan, atau sebagainay.”
Saya : ”Oh, baiklah hanya sedemikian yang saya ingin tanyakan, dan saya ucapkan terimakasih terhadap bapak yang sudah
Pak Ustadz : ”Sama-sama.”
Saya : “Permisi pak, Wassalamualaikum Wr. Wb.”
Pak ustadz : “Waalaikumsalam.”
Kesimpulan : Dari kegiatan di atas dapat kita simpulkan bahwa filter rokok yang mengandung senyawa dari babi di golongkan haram, dan pada akhirnya kita sendiri dapat menyimpulkan bahwa rokok sendiri diharamkan meskipun masih dalah tahapan penelitian karena rokok merupakan sesuatu pintu gerbang kedalam kehancura. Demikian yang dapat saya simpulkan, kurang lebihnya saya mohon maaf bila ada kesalahna karena kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangan hanya milik manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls